Minggu, 14 Oktober 2012

Sejarah Marrriage Encounter Indonesia




Cikal Bakal

Pada awal mulanya Suster Patricia dari Gembala Baik mengikuti WeekEnd Marriage Encounter di Amerika, dan ternyata beliau begitu terkesan oleh WeekEnd tersebut, sehingga sekembalinya di Indonesia beliau memberikan kesaksian, di mana hadir juga pada waktu itu alm Mgr. Leo Sukoto, Uskup Agung Jakarta.
R43_N15_F12


Mgr. Leo Sukoto (Alm.)
Itulah perkenalan pertama alm Mgr. Leo dengan ME, dan perkenalan kedua terjadi sewaktu beliau mengunjungi Gent, Belgia; untuk melihat Pusat Konsultasi Perkawinan Keuskupan Gent. Dan di kota itu, alm. Mgr. Leo berkenalan dengan Pastor Guido Heyrbaut Pr, yang pada waktu itu bertugas untuk menangani gerakan ME di Belgia, dan inilah sebagian kesan-kesan beliau pada waktu itu:

Tahun 1975, saya mengunjungi Belgia, untuk melihat Pusat Konsultasi Perkawinan Keuskupan Gent. Yang saya jumpai adalah seorang biarawati sebagai penerima tamu dan sekaligus sebagai konsultan. Masalah-masalah yang umum dan tidak terlalu sulit, ia selesaikan sendiri, dan hanya tamu-tamu yang membawa problem khusus ia salurkan ke atas, lantai dua, untuk dibantu oleh tenaga-tenaga ahli; seperti ahli hukum Gereja, ahli hukum sipil, dokter, psikolog, psikiater dan lain sebagainya. Dan setelah saya pulang ke rumah penginapan, seorang imam Jesuit menanyakan maksud kedatangan saya, dan setelah mendengarkan maksud dan tujuan saya, maka Imam Jesuit tersebut bercerita, bahwa sekarang ini sudah ada sesuatu yang lebih baru, yakni ‘Marriage Encounter’. Sore harinya saya dipertemukan dengan Pimpinan ME di Brussels, yakni seorang imam dan dua pasutri. Mereka menjelaskan apa itu ME. Saya mendengarkan dengan penuh perhatian, dan di akhir pembicaraan mereka bertanya: “Bagaimana kalau ME masuk ke Keuskupan Agung Jakarta?” Dengan sedikit malu saya menjawab: “Saya akan senang sekali, tetapi saya tidak punya uang untuk membelikan ticket bagi 5 orang”. Sedih dan kecewa mereka berbisik: “Kami juga orang biasa saja, tidak kaya”. Kemudian mereka diam sejenak, berunding dan hasilnya disampaikan kepada saya: “Kalau Bapak Uskup tidak keberatan, berikan kepada kami waktu dua tahun untuk menabung, syaratnya hanya satu yakni, Bapak Uskup sendiri harus ikut WeekEnd yang pertama.” Tanpa berpikir panjang, saya menyetujui, dan untuk penjajakan, saya kemudian meminta bantuan Pastor A. Heuken SJ, untuk mengikuti WeekEnd di Belgia, beliau mengikuti WeekEnd tanggal 4-5 dan 6 Juli 1975. Ternyata tidak perlu harus menunggu dua tahun, karena pada  20 Juli 1975, tibalah para team dari Belgia, yang terdiri dari Pastor Guido Heyrbaut Pr,  Pasutri Inneke & Andre de Hondt dan Pasutri Simmy & Rene Mues, untuk memulai WeekEnd yang pertama di Indonesia. Para team ini tidak mengenal bahasa Indonesia, dan mereka hanya mengetahui sedikit sekali tentang kebudayaan Indonesia. Mereka hanya pernah mendengar, bahwa Timur adalah Timur dan Barat adalah Barat. Ada banyak keragu-raguan, apakah ME bisa diterima oleh budaya Indonesia, namun mereka mengetahui bahwa ada satu bahasa universal yang dimengerti oleh setiap orang yakni bahasa cinta dan bahasa kesaksian dan mereka juga ingat akan mukjizat Pentakosta. 

Mulailah WeekEnd yang pertama, diselenggarakan pada 25-27 juli 1975 di Kompleks Bungalow Evergreen, Tugu-Puncak, dalam bahasa Vlaams, sehingga hanya para pasutri dan imam yang mengerti bahasa tersebut yang dapat mengikuti; dan mereka itu adalah:

-  Mgr. Leo Sukoto, SJ berpasangan dengan pastor Cor van de Meerendonk,CICM
-  Suster Dolores CB berpasangan dengan Suster Caroli
-  Pasutri Greta & Tony Trisnadi
-  Bapak dan Ibu Marsidi
-  dan 7 pasutri lain.

Hasilnya : sungguh luar biasa, para team dan peserta sangat bersemangat, maka pada hari Rabu minggu berikutnya telah diadakan pertemuan Rookie bertempat di Susteran Gembala Baik, Jatinegara. Dan pada hari Jumatnya sampai Minggu di tempat yang sama telah diadakan semacam Team Training Weekend atau Deeper Weekend untuk semua peserta dari WE pertama. Hasilnya terpilih 2 pasutri untuk melanjutkan di Indonesia apa yang telah dimulai oleh para Team dari Belgia. Pastor Piet Nooy SVD ketika itu menjabat sebagai Ketua Komisi Kesejahteraan Keluarga dari KAJ berhalangan mengikuti WE yang diadakan pada bulan Juli 1975 itu

Bapak Uskup minta agar ME dikembangkan dan yang terutama harus dapat dilaksanakan dalam bahasa Indonesia. Maka beliau mengutus Pastor Piet Nooy SVD, untuk mengikuti WeekEnd di Belgia pada tanggal 1-2 dan 3 Agustus 1975. Beliau berada di sana selama 3 bulan.

Setelah kembali ke Indonesia, beliau mengajak 2 pasutri yakni Tony & Greta serta Bapak dan Ibu Marsidi untuk mengadakan workshop, dan akhirnya pada tanggal 7-8 dan 9 Mei 1976, mulailah WeekEnd yang kedua di Indonesia; diadakan Samadi Shalom – Sindanglaya, dengan menggunakan bahasa Indonesia. WeekEnd dalam Bahasa Indonesia ini tentu saja sangat memuaskan!

Perkembangan WeekEnd kedua diikuti dengan WeekEnd ketiga tanggal 1-2 dan 3 Oktober 1976; keempat tanggal 5-6 dan 7 Nopember 1976.

Team pemberi WeekEnd hanya mereka berlima. Puaskah mereka? Tentu tidak! Para team mulai expansinya keluar kota, dan kota yang mendapat kunjungan pertama adalah Solo. Mereka mengadakan WeekEnd di Solo pada tanggal 26-27 dan 28 Nopember 1976, mereka kembali lagi ke Jakarta untuk mengadakan WeekEnd tanggal 14-15 dan 16 Januari 1977. Ternyata satu minggu kemudian mereka mengadakan expansi lagi keluar kota, kali ini Semarang mendapat giliran. Mereka mengadakan WeekEnd pertama untuk peserta dari Semarang pada tanggal 21-22 dan 23 Januari 1977.

Kerja mereka berlima luar biasa, memerlukan tenaga dan kondisi yang prima. Tenaga manusia ada batasnya, maka mereka mulai mengadakan rekruting, siapa saja yang menurut mereka dapat mengambil tongkat estafet ini.

Maka diadakanlah Deeper WeekEnd yang pertama di Indonesia, yakni pada tanggal 20-21 dan 22 Mei 1977 di Wisma Samadi Klender. Mereka adalah 16 pasutri, 6 dari Jakarta, 2 dari Solo dan 8 dari Semarang, serta 5 orang Pastor.

Bola salju telah membesar dan mulai menggelinding.
Oleh karena itu maka Sejarah ME distrik I Jakarta tidak akan pernah terpisah dari terbentuknya sejarah ME Nasional Indonesia, karena dari Jakarta kemudian menyebar ke seluruh Indonesia, dan sampai sekarang telah terbentuk 16 Distrik dan 5 wilayah yaitu: Distrik I Jakarta, Distrik II Semarang, Distrik III Joglolang, Distrik IV Surabaya, Distrik V Purwokerto, Distrik VI Bandung, Distrik VII Ende, Distrik VIII Manado, Distrik IX Makassar, Distrik X Malang, Distrik XI Pontianak, Distrik XII Denpasar, Distrik XIII Cirebon, Distrik XIV Banjarmasin, Distrik XV Pangkal Pinang, Distrik XVI Maumere dan Wilayah Bogor, Pekan Baru, Sorong, Samarinda dan Ruteng/NTT.

Hal ini tidak terlepas dari ide awal alm Mgr Leo Sukoto, bersama ke lima founder ME di Indonesia, yang berasal dari Jakarta, yakni alm Pastor Piet Nooy SVD, Tony dan alm Greta, alm bapak dan alm. ibu Marsidi.

Sampai sekarang dari mereka berlima, hanya TONY yang masih hidup sehat, dan masih tetap berkarya memberikan masukan untuk para mantan leader, baik distrik maupun nasional.

Meskipun masih baru, para team waktu itu sudah sering menghadiri pertemuan internasional. Yang pertama kali berangkat sebagai delegasi Indonesia adalah Mas Di & Mbak Yah bersama Pastor Piet Nooy SVD ke Philadelphia pada tahun 1976. Kemudian pada 21 sampai 26 Juni 1977, untuk pertama kalinya delegasi dari Indonesia mengikuti konvensi ME Internasional, mereka terdiri dari Pasutri Tony & Greta dan Pastor Piet Nooy SVD, sebagai wakil dari keluarga besar Marriage Encounter Indonesia, berangkat ke Los Angeles USA.

Sidang tahunan yang diadakan untuk Asian Region (konferensi pertama untuk tingkat Asia diadakan di Seoul – Korea Selatan – sekarang Asian Conference), dihadiri oleh delegasi dari India, Srilangka, Indonesia, Jepang, Korea, Philipine dan Taiwan.

Sebagai delegasi pertama dari Indonesia yang ikut pada waktu itu adalah Pastor Piet Nooy beserta Pasutri Tony & Greta, dan hasil dari sidang itu di Pass on kepada para aktivis dan team di Indonesia.

Pengorganisasian

Pada awal hadirnya ME di Indonesia sebenarnya belum ada pemikiran tentang struktur organisasi seperti Koordinator Distrik (Kordis) maupun Koordinator Nasional (Kornas). Berhubung Tony dan Greta bersama Pastor Piet Nooy SVD lebih sering dikirim ke pertemuan ME Internasional mewakili Indonesia,   mungkin karena itu mereka bertiga dianggap sebagai Kornas pertama, sekalipun tidak pernah ada pemilihan sebelumnya. Sedangkan Mas Di & Mbak Yah bersama Pastor Bart Jansen OFMCap ketika itu lebih banyak berada di dalam negeri, maka mereka diposisikan sebagai Kordis (Jakarta) sekaligus mengawasi jalannya ME Nasional. Kemudian setelah ada Team ME (dari luar Jakarta) seperti Semarang, Jogja/Solo, Surabaya dan seterusnya. barulah terbentuk para Koordinator Distrik. Kordis I (Jakarta) : Parto & Watiek bersama Pastor Bart Jansen OFMCap. Kordis II (Semarang): Singgih & Hie bersama Pastor Jan van Wayenburg SJ. Distrik III (Jogja/Solo): Piet & Floor bersama Pastor Theo Prayitno SJ. Pada waktu itu Tony – Greta dan Pastor Piet Nooy SVD baru benar-benar merasakan diri menjadi Kornas. Setelah Piet meninggal pada 25 – 2 - 1981, kedudukan mereka digantikan oleh Parto & Watiek bersama Bart Janssen OFMCap.

Setahun kemudian Tony – Greta terpilih bersama Fr. Don McInnis MM menjadi KorAs (Asian Coordinating Team) dari tahun 1982 – 1984. Semula mereka mau dipasangkan dengan Fr. Ed Nemmes SJ dari Jepang, namun berhubung kesehatan beliau sedang tidak baik, ada gangguan yang memprihatinkan, maka ia menolak pencalonan tersebut. Memang sayang, karena Tony – Greta telah mengenalnya cukup baik. Dari Fr. Ed mereka belajar discernment process untuk pemilihan leadership dalam ME.  Pada tahun 1984 Tony – Greta mengundurkan diri dari ACT (Asian Coordinating Team) berhubung dengan kesehatan Greta. Mereka digantikan oleh Paul & Nenna Repotente dari Phillipina selaku Asian Coordinating Team ke-3.
Koordinator Nasional ME Indonesia (1976 – kini)

Koordinator Nasional ke 1 adalah  Pasutri Greta – Tony Trisnadi dan Pastor Piet Nooy SVD tahun 1976 – 1981:
R43_N15_F1-11 Kornas ke-1 Pasutri Greta _ Tony Trisnadi dan Pastor Piet Nooy SVD
Kornas ke-1 Pasutri Greta – Tony Trisnadi dan Pastor Piet Nooy SVD
Koordinator Nasional ke 2 ialah Pasutri Watik-Parto Widodo dan Pastor Bart Jansen OFMCap tahun 1981 – 1983 :
R43_N15_F2-11 Kornas ke-2 Pasutri Watik-Parto Widodo dan Pastor Bart Jansen OFMCap
Kornas ke-2 Pasutri Watik-Parto Widodo dan Pastor Bart Jansen OFMCap

Koordinator Nasional ke 3 ialah Pasutri Jane – Max Budiarto dan Pastor Bart Jansen OFMCap tahun 1983 – 1985, kemudian bersama Pastor  Taman Dipoyudo Ocarm tahun 1985 – 1986:
R43_N15_F3-11 Kornas ke-3 Pasutri Jane-Max Bidiarto dan Pastor Bart Jansen OFMCap
Pastor Bart Janssen OFM Cap & Pasugtri Jane-Max
R43_N15_F13
Pasutri Max-Jane & Pastor Taman Dipoyudi O’ Carm
Koordinator Nasional ke 4 ialah Pasutri Sri-Warno dan Pastor Taman Dipuyudo Ocarm tahun 1986 – 1989:
R43_N15_F4-11 Kornas ke-4 Pasutri Sri-Warno dan Pastor Taman Dipoyudo O.Carm
Kornas ke-4 Pasutri Sri-Warno dan Pastor Taman Dipoyudo O.Carm
Koordinator Nasional ke 5 ialah Pasutri Ida – Charlo Mamora dan Pastor Taman Dipoyudo Ocarm tahun 1989 – 1990, kemudian bersama Pastor Marc Van Den Berghe CICM tahun 1990 – 1992:
R43_N15_F5-11 Kornas ke 5 Pasutri Ida-Charlo mamora dan Pastor Mark Van den Berghe CICM
Pastor Marc van den Berghe CICM & Pasutri Ida-Charlo Mamora
Koordinator Nasional ke 6 adalah Pasutri Lies-Thalieb Halim dan Pastor Marc van den Berghe CICM tahun 1992-1994, kemudian dengan Pastor J.B. Martosudjito S.J tahun 1994-1996
R43_N15_F6-11 Kornas ke-6 Pasutri Lies-Thalieb Halim dan Pastor Mark Van Den Berghe CIC~M
Pastor Marc van den Berghe CICM & Pasutri Lies-Talleb
Koordinator Nasional ke 7 ialah Pasutri Susi – Wardi dan Pastor J.B. Martosudjito S.J tahun 1996 – 1999:
R43_N15_F7-11 Kornas ke-7 Pasutri Susi-Wardi dan Pastor J.B. Martosudjito S.J.
R43_N15_F14
Kornas ke-7 Pasutri Susi-Wardi dan Pastor J.B. Martosudjito S.J.

R43_N15_F8-11 Kornas ke-8 Pasutri Elly-Rusli Prakarsa dan Pastor J.B. Martosudjito S.J.
Kornas ke-8 Pasutri Elly-Rusli Prakarsa dan Pastor J.B. Martosudjito S.J.
Koordinator Nasional ke 8 ialah Pasutri Elly – Rusli Prakarsa dan Pastor J.B. Martosudjito S.J. tahun 1999 – 2001:

R43_N15_F9-11 Kornas ke-9 Pasutri Adriani-Tjahja dan Pastor Wignyasumarta MSF
Kornas ke-9 Pasutri Adriani-Tjahja dan Pastor Wignyasumarta MSF
Koordinator Nasional ke 9 ialah Pasutri Adriani – Tjahja dan Pastor Wignyasumarta MSF tahun 2001 – 2005:


R43_N15_F10-11 Kornas ke-10 Pasutri Hong-Budi Hendarto dan Pastor Aryono CM
Kornas ke-10 Pasutri Hong-Budi Hendarto dan Pastor Aryono CM
Koordinator Nasional ke 10 ialah Pasutri Hong – Budi Hendarto dan Pastor Aryono CM tahun 2005 – 2008

R43_N15_F11-11 Kornas ke 11 Pasutri Riana-Suarno dan Pastor Widajaka CM.

Kornas ke 11 Pasutri Riana-Suarno dan Pastor Widajaka CM.
Koordinator Nasional ke 11 ialah Pasutri Riana – Suarno dan Pastor Widajaka CM tahun 2009 – 2011.

 Indonesia beberapa kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Conference yaitu:
  1. 8 – 12 Desember 1980, diwakili oleh Pasutri Greta – Tony Trisnadi dan Pastor Piet Nooy SVD dengan tema „how to plan ME movement among the illeterates, the poor & non catholic”.
  2. 22 – 27 November 1983, diwakili oleh Pasutri Watiek – Parto Widodo dan Pastor Bart Jansen OFMCap dengan tema „that may be one”.
  3. 12 – 15 Juni 1990, diwakili oleh  Pasutri Ida – Charlo Mamora dan Pastor Marc Van Den Berghe CICM dengan tema „becoming one”.
  4. 21 – 26 Agustus 2000 diwakili oleh Pasutri Elly – Rusli Prakarsa dan Pastor J.B. martosudjito S.J. dengan tema „intimacy in our sacrament”.
  5. 6 – 11 Agustus 2007 diwakili oleh Pasutri Hong – Budi Hendarto dan Pastor Aryono CM dengan tema „called to be one”.
  6. R43_N15_F15
    Para Delegasi World Council Meeting (ME Dunia)
Disamping itu Indonesia pertama kali mendapat kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Council Meeting pada tanggal 16 – 23 Januari 2010 di Puri Avia Cipayung.

Pohon yang mulai ditanam oleh para pendahulu kita Pasutri Greta – Tony Trisnadi dan Pastor Piet Nooy SVD (WeekEnd pertama 25-27 Juli 1975 dengan team dari Belgia dan WeekEnd pertama dalam bahasa Indonesia 7-9 Mei 1976 dengan team sendiri kini telah menjadi pohon yang besar, berakar kuat, bercabang banyak dan bardaun rimbun. Menuliskan secara lengkap akan memerlukan banyak halaman. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan gambaran kepada anda semua sekelumit sejarah ME Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar