Senin, 15 Oktober 2012

Bluder MakassBludrtar

Bluder
Bahan  A:
1 gls ballo (250 cc)
1/4 gls air kelapa muda (atau 50 cc saja)
2 sdm gula pasir
Campurkan ke-3 bahan di atas, dan diamkan semalaman.

Bahan B.
2 mgk terigu (400 gr)1 mgk gula halus (250 gr)
18 btr telur ayam kampung, dikocok lepas
5 sdm mentega {2 sdm margarin + 3 sdm mentega (mis: Wisjman)}, dikocok hingga lembut
5 sdm susu kental manis
Vanili secukupnya

Cara membuatnya :
Bahan A yang sdh didiamkan semalaman dicampurkan dengan terigu dan dioyok/diuleni sampai tidak lengket di tangan. Bila sudah halus/licin dan naik lalu turunkan gula, kemudian oyok/uleni lagi. Setelah itu masukkan mentega yang sudah dikocok hingga lembut, uleni lagi. Lalu masukkan telur yang sudah dikocok lepas, ratakan dan uleni lagi. Terakhir masukkan susu, ratakan dan tuang ke dalam loyang bluder. Diamkan sampai naik (kurang lebih 5 jam) lalu dipanggang dalam oven sampai matang.

Tips :
  • Jika langsung digunakan, Ballo nya tidak perlu diberi gula, cukup dicampur air kelapa saja.Jika baru akan digunakan esok harinya, campurkan ballo+air kelapa+gula pasir, dan diamkan semalaman. 
  •  Olesi loyang dengan margarin sebelum digunakan. 
  •  Gunakan tusuk sate untuk mengecek kematangan kue, jika tidak ada lagi adonan yang melekat di tusuk sate berarti kue telah matang. 
  •  Karena resep jaman dulu makanya satuan ukurannya menggunakan mangkuk (mgk) dan gelas (gls). Untuk memudahkan, ukurannya sudah saya pindahkan ke gram (gr).
Tentang Ballo
 
Minuman keras tradisional Bugis Makassar sejenis Tuak yang dikenal dengan nama BALLO terdiri dari beberapa macam sesuai jenis pohonnya yaitu Enau, Nipa dan Tala/Lontara. Jenis pohonnya tumbuh sesuai dengan kondisi daerahnya. Pohon Enau banyak tumbuh di wilayah yang dekat dengan perairan sungai dan pegunungan. Pohon Nipa banyak ditemui diwilayah pesisir Pantai sedangkan Pohon Tala atau Lontara banyak ditemui didaerah pedataran dengan jenis tanah kering bebatuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar