Senin, 15 Oktober 2012

Songkolo Bagadang


Songkolo adalah bahasa populer di makasar untuk penganan ketan kukus yang di beri serundeng atau parutan kelapa. Songkolo umumnya menjadi hidangan untuk sarapan pagi layaknya nasi kuning. Di beberapa daerah di Sulawesi Selatan penyajian songkolo bisa berbeda -beda, ada yang toping kelapanya segar berwarna putih, ada yg kelapanya udah di sangrai seperti serundeng ada juga yg penyajiannya memakai santal kental yg sudah didihkan dan menjadi sari pati . 

Warung Songkolo Bagadang sendiri tidak banyak di Makasar, mungkin karena songkolo di Makasar umumnya di jual pagi maka hanya orang-orang tertentu saja yg mau jualan songkolo hingga tengah malam.

Warung Songkolo Dg. Sikki letaknya di lapangan emmy saelan dekat lampu merah perempatan jalan Hertasning dan Toddopuli , Makasar. Yang istimewa dari Songkolo Daeng Sikki adalah Sambel goreng Terinya yg puedess pas banget dengan serundeng gurih yg menjadi taburan songkolo. Bagi yg belum puas dengan topping serundeng plus teri masih ada tambahan telor asin bebek dan telur ayam rebus. Harga standar untuk seporsi songkolo ketan item dengan topping srundeng dan teri adalah 3500 rp, klo nambah telor jadi 5000rp. 

Selain warung Dg Sikki jual songkolo bagadang di Antang  ada juga yang menjual ssongkolo begadang.
Songkolo

Songkolo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar