Senin, 12 November 2012

Kolam Renang Taman Bahari Tinggal Sebuah Nama

1325765325828147489

Sejarah mencatat gedung kesenian ini dibangun pada tahun 1896 berdampingan dengan kantor gubernur yang saat itu berstatus sebagai Gubernur Celebes(sekarang gedung Balaikota Makassar) dan di sebelah selatannya terdapat Fort Rotterdam serta pemukiman orang-orang Belanda yang disebut Vladingen.

Lokasi tempat bangunan ini berdiri, awalnya merupakan sebuah tanah lapang di sisi jalan Prins Hendrik yang sekarang menjadi jalan Riburane di sebelah utara Fort Rotterdam atau benteng Ujungpandang. Pada awal berdirinya Gedung peninggalan pemerintah kolonial Belanda itu dikelolah oleh sebuah badan yang disebut Direktie yang dipimpin oleh seorang kepala dewan dan dibantu beberapa orang anggota.
Dewan direksi atau Direktie diangkat setiap tiga tahun dengan tugas-tugas yang menyangkut urusan keuangan, latihan, busana, material, hubungan luar, dan tata usaha. Termasuk juga membuat aturan yang salah satunya adalah melarang penonton membawa makanan dan minuman ke dalam gedung. Itupula sebabnya di gedung ini tidak tersedia buffet tempat penyimpanan makanan dan minuman sebagaimana yang ada di kursi bioskop pada umumnya. Untuk kebutuhan makan dan minum, pengunjung pergi ke Koffe Huis yang letaknya sekitar 100 meter sebelah barat Societeit de Harmonie. Untuk mencapai koffe Huis, pengunjung berjalan melintasi Wilhelmina Park, sebuah taman tempat koffe Huis berada. Taman ini dipercantik dengan sebuah kolam renang Zwembad Harmonie yang setelah kemerdekaan berubah nama menjadi Kolam Renang Tirta Bahari. Sementara Koffe Huis itu sendiri lebih dikenal dengan nama “Gedung Panti Penghibur” lalu berganti menjadi “Taman Bahari” setelah kemerdekaan. Sekarang tempat itu telah dipenuhi ruko dengan nama “de Rotterdam”
Bangunan gedung Societeit de Harmoni yang berciri Eropa abad XIX dengan gaya Reneisance ini bisa juga dianggap sebagai gedung serba guna di zamannya, gedung ini tidak hanya untuk acara kesenian, tetapi juga menjadi tempat pertemuan Gubernur, Walikota, dan pejabat tinggi militer Belanda. Bahkan tidak jarang Gubernur Jenderal Belanda mengundang orang-orang China kaya untuk menghadiri pesta yang diadakan di gedung ini. Gaya Reneisance atau Yunani Baru merupakan perkembangan dari Gaya Roko, ada pula yang menyebutnya Gaya Empire yang sedang trend di Eropa pada masa itu.
Societeit de Harmonie dibangun ketika pemerintah kolonial Belanda menjadikan kota Makassar sebagai kota pemerintahan dan kota niaga. Di gedung inilah orang-orang Belanda,orang-orang China kaya, dan segelintir kalangan bangsawan pribumi dihibur dengan tonil,drama, dan sandiwara yang merupakan karya para dramawan Eropa terkenal tapi dimainkan secara amatir oleh pemain-pemain drama lokal.
“Hawaian” merupakan salah satu kelompok music yang cukup terkenal saat itu. Kelompok Hawaian yang anggotanya adalah orang-orang Ambon eks KNIL ini tampil secara berkala di gedung itu. Barulah pada pertengahan tahun 1900-an, pihak pengelola gedung mendatangkan rombongan pemain sandiwara dari Belanda dan beberapa Negara Eropa. Group-group tonil dan pemain drama ini biasanya mampir di Makassar, setelah berpentas di Schouwburg Weltevreden di Batavia yang sekarang menjadi Gedung Kesenian Jakarta. 
Ruko diatas Eks Taman Bahari

3 komentar:

  1. Kalau tidak salah, nama kolam renang itu dulu (sekitar tahun 1960) adalah Tirta Samudra.

    BalasHapus
  2. Sy pinter berenang di tempat ini, tak terlupakan kenangan semasa di makassar.

    BalasHapus